Bangga dengan Cincin Lokal Kualitas Internasional
Education

Bangga dengan Cincin Lokal Kualitas Internasional

20 Dec 2022

Perlu kita ketahui bahwa produk-produk yang dihasilkan oleh pengrajin lokal Indonesia sejujurnya tidak kalah dengan kualitas produk yang dihasilkan oleh luar negeri. Gerakan pemerintah Bangga Buatan Indonesia sejatinya juga merupakan Gerakan untuk membebaskan masyarakat dari penjajahan mental yang beranggapan bahwa semua barang yang dihasilkan oleh negara-negara barat memiliki kualitas yang lebih bagus. Faktanya, banyak produk yang dihasilkan oleh negara lain yang ternyata dibuat oleh pengrajin lokal Indonesia yang kemudian diekspor dan diberi label brand luar. Hasil produksi pengrajin lokal juga sejujurnya memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan dari produk buatan pengrajin lokal tersebut?


Kualitas menembus pasar ekspor

Kualitas garapan pengrajin lokal sesungguhnya sudah tidak diragukan lagi, banyak barang dari pengrajin lokal Indonesia yang sudah menembus pasar ekspor. Hal tersebut disebabkan karena kualitasnya yang memang sangat bagus dan harga yang didapat juga jauh lebih miring daripada produk dari negara lain terutama barat. Mengutip data dari OEC (Observatory of Economic Complexity), "In 2020, Indonesia exported $122M in Silver, making it the 28th largest exporter of Silver in the world. At the same year, Silver was the 197th most exported product in Indonesia". Hal tersebut membuktikan bahwa minat masyarakat internasional terhadap silver ekspor dari Indonesia sangat tinggi dan meningkat tiap tahunnya. Oleh karena itu, seharusnya kita sebagai warga lokal juga lebih membanggakan produk lokal karena kualitas yang dihasilkan oleh pengrajin lokal sudah menembus pasar internasional.



Harga yang terjangkau dan tidak terpengaruh oleh dollar

Kelebihan yang berikutnya adalah harga produk tidak terpengaruh oleh fluktuasi dollar dalam jangka pendek. Ketika produk dari brand luar negeri melakukan price adjustment setiap hari karena dollar setiap harinya mengalami perubahan, maka produk yang dibuat original oleh pengrajin Indonesia tidak akan terpengaruh oleh fluktuasi harga dollar harian. Hal ini sangat menguntungkan bagi kita sebagai warga lokal jika ingin membeli perhiasan terutama yang berbahan dasar selain emas seperti perak dan palladium karena cincin dengan bahan tersebut tidak terpengaruh oleh fluktuasi dollar, namun harganya tergantung pada tingkat kerumitan pengerjaan.


Maka sudah seharusnya kita sebagai warga Indonesia bangga dengan hasil karya anak bangsa termasuk bangga untuk menggunakan cincin buatan pengrajin lokal selain karena harganya yang lebih terjangkau, kualitas yang ditawarkan juga tidak main-main. Seperti contohnya Nikayla Jewelry menggunakan bahan silver 950 ketika brand luar masih menggunakan bahan sterling silver atau silver 925. Jadi sekali lagi ya barang lokal yang menawarkan harga lebih rendah bukan berarti memiliki kualitas yang lebih buruk, malah justru sebaliknya!