Kelebihan dan Kekurangan Cincin Perak
Education

Kelebihan dan Kekurangan Cincin Perak

05 Jan 2023

Cincin perak saat ini tidak hanya banyak digunakan sebagai cincin untuk acara pertunangan atau perkawinan, namun juga banyak digunakan sebagai fashion tambahan untuk mempercantik penampilan sehari-hari kaum wanita hingga pria. Tidak heran karena tampilan perhiasan berbahan dasar perak memanglah terlihat menyerupai emas putih yang notabene memiliki harga yang jauh lebih mahal ketimbang perak. Selain itu perak juga merupakan solusi untuk para calon pengantin muslim yang tidak diizinkan untuk menggunakan cincin yang berbahan dasar emas ataupun emas putih. Selain halal dan fashionable, berikut beberapa kelebihan cincin yang berbahan dasar perak.


Kelebihan perak:


Perak memiliki tekstur yang cenderung lebih lembut dibandingkan dengan cincin palladium. Maka dari itu, cincin perak akan terasa lebih nyaman untuk digunakan karena tidak terlalu keras jika dipasang di sela-sela jari kita.


Dengan alasan yang sama seperti poin sebelumnya, hal tersebut menjadikan perak mudah dibentuk oleh para pengrajin. Sehingga desain dan ukiran dari cincin perak juga bisa lebih beragam dari yang simpel hingga desain kompleks yang unik. Jadi cincin perak sangat bisa disesuaikan dengan keinginan tiap pemakainya dan cocok bagi anda yang menyukai desain yang unik. 


Cincin perak dibandingkan dengan cincin dengan bahan lainnya cenderung memiliki harga yang jauh lebih murah. Dengan begitu, jauh akan lebih menguntungkan bagi individu atau pasangan yang menerapkan batasan budget dalam membeli perhiasan. Hal ini juga yang menyebabkan tingginya permintaan cincin perak sebagai fashion di kalangan para wanita dan laki-laki. Sehingga, semua orang akan tetap dapat tampil fashionable dengan cincin perak ini.


kekurangan perak:


Dikarenakan perak adalah logam yang lunak, maka cincin berbahan dasar perak cenderung lebih mudah terkena goresan. Selain itu perak juga dapat teroksidasi seiring waktu sehingga akan membuat warna perak memudar di kemudian hari. Jadi kita sebagai pengguna cincin perak harus lebih hati-hati saat menggunakan cincin perak untuk aktivitas sehari-hari.


Perawatan cincin perak dapat dikatakan lebih sulit ketimbang cincin bahan palladium dan emas. Selain harus berhati-hati saat menggunakan cincin perak, ketika melakukan perawatan pembersihan cincin perak juga diharuskan menggunakan bahan kimia khusus yang digunakan untuk membersihkan cincin perak.


Setelah membahas kelebihan dan kekurangan dari cincin perak sepertinya kelebihannya lebih unggul ya dibandingkan kekurangannya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perawatan cincin perak bisa cek artikel kami yang berjudul Panduan Perawatan Cincin agar Tetap Awet ya dan jangan lupa konsultasikan desain cincin perak idaman anda kepada kami Nikayla Jewelry, pengrajin kami pasti dapat mewujudkannya untukmu!