Tips Mengatasi Alergi Logam
Guide

Tips Mengatasi Alergi Logam

20 Aug 2020

Apa itu alergi logam?

Alergi logam adalah salah satu penyebab umum alergi pada kulit. Para penderita alergi ini biasanya mengembangkan gejala dermatitis (eksim) di area kulit yang terkena logam dan mengandung nikel.


Alergi terhadap nikel sering dikaitkan dengan perhiasan. Namun, nikel juga dapat ditemukan di barang sehari-hari Anda, seperti koin, ponsel, hingga bingkai kacamata.


Reaksi alergi ini mungkin akan muncul setelah terjadi paparan berulang atau dipakai dalam waktu yang lama. Obat dan perawatan khusus memang dapat meringankan gejala alergi.


Walaupun demikian, Anda perlu menghindari kontak kulit terhadap logam atau nikel ketika reaksi alergi sudah terlihat.


Alergi nikel sering dikaitkan dengan anting dan perhiasan lainnya. Namun nikel dapat ditemukan di banyak barang sehari-hari, seperti koin, resleting, ponsel, dan bingkai kacamata.


Seberapa umum kondisi ini?

Reaksi alergi akibat logam dapat terjadi pada siapa saja, terlepas dari usia dan jenis kelamin. Setelah tanda-tandanya muncul, alergi dapat bertahan selama bertahun-tahun hingga seumur hidup.


Kondisi ini umumnya lebih sering terjadi pada wanita. Hal ini mungkin dikarenakan mereka lebih sering menggunakan perhiasan, seperti anting atau kalung, dibandingkan pria.


Tingkat keparahan alergi ini juga beragam. Beberapa orang mungkin akan mengembangkan gejala yang ringan segera setelah berkontak dengan perhiasan. Namun, tidak sedikit pula yang mengalami reaksi alergi setelah bertahun-tahun menggunakan barang yang mengandung nikel.


Tanda dan gejala

Apa saja tanda dan gejalanya?

Reaksi alergi biasanya dimulai dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah terpapar logam atau nikel. Gejala alergi kulit akibat logam ini bisa berlangsung selama dua hingga empat minggu.


Selain itu, tanda-tanda di bawah ini biasanya hanya terjadi ketika kulit bersentuhan dengan logam. Namun, tidak menutup kemungkinan reaksi alergi juga dapat muncul di tempat lain di tubuh Anda.


Beberapa tanda dan gejala alergi di kulit akibat logam atau nikel antara lain:


ruam dan benjolan di kulit,

gatal-gatal,

kulit kemerahan,

kulit kering hingga mengelupas, serta

kulit melepuh hingga mengeluarkan nanah.

Jika Anda mengalami satu atau beberapa gejala yang disebutkan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.